Monday, July 16, 2012

Gardening

Berkebun adalah salah satu hoby yang saya miliki selain memelihara anjing, membaca, science, astronomy dan beberapa hoby lain yang saya lupa sebutkan karena terlalu banyak. Pernah suatu waktu ketika saya remaja, saya menanam pohon melon dipekarangan rumah dan menikmati buah pertamanya meski saat itu ternyata saya memetik buahnya terlalu awal, sehingga rasa buah melon yang semestinya manis dan berair ternyata tak manis dan keras. Sungguh sangat disayangkan. 





Dan kini, saya mencoba untuk mengulang lagi nostalgia alias kenangan manis memetik buah dari pohon yang saya tanam sendiri dan kalau bisa membagi-bagikan hasil panen kepada sanak keluarga dan teman-teman saya yang lain. Amin... 

Mula-mula saya membeli tanah subur dan pupuk beserta benih tanaman di pertokoan Ace Hardware dan berharap bahwa semuanya akan berjalan mulus dan dalam 3 bulan pohon yang saya tanam akan segera siap panen (seperti iklan di bungkus benih semangka, yang mengatakan buah bisa dipanen dalam 3 bulan sejak disemai). Semangat awal saya sangat menggebu-gebu. Pagi, siang dan malam saya menyempatkan diri membersihkan halaman dan menyediakan tempat untuk dijadikan lahan berkebun di halaman rumah saya yang kecil. Menggali tanah, membuat pagar, mengangkat batu sebagai fences atau pembatas, mengaduk media tanam dan akhirnya menanam benih. 

Seminggu.. Benih pertama mulai muncul, hingga kemudian cukup untuk dipindahkan ke media tanam dilahan berkebun. Namun apa daya, berminggu-minggu mendung menghalangi sinar matahari menyentuh tanah dan akhirnya seedling atau benih yang telah bertunas menjadi layu dan mati.. Sungguh pukulan telak bagi semangat "farmer" yang menggebu-gebu ini. Namun saya tak menyerah, meski didalam hati sedikit pikiran pesimis menyelimuti semangat juang saya. 




Hingga hari ini saya masih berjuang untuk menanam antara lain pohon Semangka, Melon Kuning, Melon Rock, Cabai, Tomat, Selada, Bunga-bungaan dan Pohon Basil. Doakan saya berhasil ya. :D



3 comments:

  1. kwkwkkwkk... anggur say.. yg merah besar2 itu..
    pasti aku datang dehhh bawwwa plastik besar.. :P

    sukses yaa... muachhhhhhhhhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah di swalayan banyak yun, gak usah bawa plastik, disana udah ada plastik jg plus kitir nya wkakakakka

      Delete
  2. Saya cuma lempar benih benih organic ke kebun belakang rumah, tanpa melakukan apa apa.. sekarang sudah punya pohon cabe dan pepaya (ke 2 nya super sehat, karena cukup mendapat matahari dan air).. dan sekarang mulai bertebaran tanaman melon ..

    ReplyDelete

i would be grateful if you'd like to leave a comment. :)